Kegiatan PKKMB dan Bela Negara secara resmi dibuka oleh Gubsu H. Edy Rahmayadi yang ditandai dengan penyematan peserta PKKMB (20/9). Pada kesempatan itu, Gubsu berpesan agar pentingnya sikap kejujuran, kasih sayang dan motivasi kuat bagi mahasiswa baru Universitas Islam Sumatera Utara dalam meraih cita-cita. “Tanpa kejujuran, kasih sayang dan motivasi, menurutnya ilmu yang didapat di kampus akan merugikan orang lain. Kalian mungkin jadi profesor, doktor, sarjana atau ahli hukum. Tetapi kalau ketiga itu tidak ada kalian akan malah merugikan orang lain,”kata Edy Rahmayadi dihadapan 1250 mahasiswa baru UISU yang mengikuti.

Hadir dalam kegiatan pembukaan itu, Pembina Yayasan UISU, Pengawas Yayasan UISU, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof. Ismet Danial Nasution, Drg, Ph.D, Sp. Pros (K), FICD, Rektor Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP, Ketua Panitia Ahmad Bakhori, ST yang juga Wakil Rektor KAK, dan Wakil Rektor ADI Dr Liesna Andriany, M.Pd, Wakil Rektor STK Zufrizal, SE, Ak, CA, MBA, MAFIS, Wakil Rektor KSI, Andang Suhendi SS, MA, Ketua lembaga, Dekan, Wakil Dekan Dan Ketua Prodi dilingkungan UISU.

Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof. Ismet Danial Nasution, Drg, Ph.D, Sp. Pros (K), FICD dalam sambutannya mengatakan UISU merupakan Universitas pertama di luar Pulau Jawa yang mengabdikan dirinya di tengah-tengah masyarakat. Prof Ismet mengajak seluruh mahasiswa untuk bersyukur kepada Allah atas nikmat hingga mampu melanjutkan pendidikan tinggi. “Terimakasih kepada para orangtua atas kepercayaan kepada UISU,”ucap Prof. Ismet.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP saat pembukaan mengatakan bahwa 85 Persen prodi yang ada di UISU berakriditasi B. Terdapat juga yang berakreditasi baik sekali yakni Fakultas Agama Islam, Fakultas Pertanian, dan Fak Ekonomi. Rektor berharap mahasiswa baru terus dapat beradaptasi di lingkungan kampus, serta dapat melakukan kerjasama, dan memiliki sikap gotong royong. “Kalian adalah mahasiswa terbaik yang dapat diterima UISU. Kampus UISU adalah kampus tertua di luar Pulau Jawa. Penerimaan kalian melalui proses karena itu kalian harus berbangga dapat diterima di UISU,”ucap Rektor. Dijelaskankan proritas utama UISU hari ini adalah mendirikan Program Doktor Hukum dan Manajemen, sekarang sudah dalam proses.

Kegiatan selanjutnya, mahasiswa baru UISU akan mengikuti kegiatan PKKMB dan bela Negara di 9 Fakultas masing-masing selama 2 hari sebelum memulai proses belajar belajar. Pada kesempatan itu, Rektor mengucapkan terimakasih atas semangat yang luar biasa dari seluruh mahasiswa baru mengikuti kegiatan PKKMB dan Bela Negara di Universitas selama 3 hari. Rektor berharap, semangat hari ini dapat terus dijaga dan dipelihara hingga melaksanakan studi dan menyelesaikan studi di UISU.