Workshop Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA) dilaksanakan dua kali dalam setahun. Untuk Workshop Nasional pertama tahun ini dilaksanakan pada 8-12 Juni 2022 di Universitas Muhammadiyah Malang. Dan pelaksanaan workshop kedua tahun ini akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Surakarta.

Pada workshop pertama ini dilakukan diskusi tentang finalisasi Standarisasi Institusi Layanan Bahasa khususnya mengenai Penyusunan Rancangan Dokumen Mutu untuk Pelatihan Bahasa, Pengujian Kemampuan Berbahasa, dan Terjemahan. Selanjutnya diskusi juga dilakukan untuk pembahasan tentang Tes Kemampuan Berbahasa Inggris bidang Listening & Speaking dan Reading & Writing.

Acara dilaksanakan di Aula A GKB 4 Lt. 9 UMM yang diawali dengan Keynote Speech yang disampaikan oleh Prof. Ali Saukah Ph. D (Anggota Dewan Pertimbangan TEFLIN) dengan judul: “Standarisasi dan Penjaminan Mutu Layanan Bahasa pada Era Digital” dengan Rosmalin Ismayoeng G, M.A. sebagai moderator.

Fasas Language Centre (FLS) Fakultas Sastra merupakan Pusat Layanan Bahasa Fakultas Sastra yang telah menjadi anggota FILBA sejak tahun 2021 mengirimkan dua orang peserta untuk mengikuti Workshop, yaitu Ibu Susi Ekalestari, S.S., M.Hum yang bergabung pada kelompok 1 membahas tentang finalisasi Rancangan Standar Nasional Layanan Bahasa Pendidikan Tinggi yang meliputi Standar Layanan Bahasa, Standar Pengujian Kemampuan Berbahasa, dan Standar Penerjemahan dan Penyuntingan Bahasa Pendidikan Tinggi serta rancangan document mutu terkait keempat bidang di atas, dan Bapak Dr. Pardi, S.S., M.A. yang bergabung pada kelompok 2 membahas tentang Pengembangan Tes Kemampuan Berbahasa Inggris (TKBI) terkait dengan indicator menrujuk pada level CEFR (Common European Framework of Reference)