Prof. Saiful Anwar Matondang, dosen Sastra Inggris, Fakultas Sastra Universitas Islam Sumatera Utara resmi ditetapkan sebagai Guru Besar mulai 1 Maret 2022 sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi nomor 22640/MPK.A/KP.05.01/2022 tentang Kenaikan Jabatan Akademik Fungsional Dosen menjadi Guru Besar (6/4).

Prof. Saiful Anwar Matondang yang memiliki bidang keahlian Ilmu Antropologi Budaya,merupakan Dosen PNS Dpk pada Program Magister Sastra Inggris, Fakultas Sastra UISU.

Saat ditemui disela-sela aktivitasnya di Kampus UISU, Prof. Saiful Anwar Matondang menjelaskan bahwa pangkat tertinggi seorang pendidik di perguruan tinggi adalah menduduki jabatan guru besar atau lebih dikenal dengan sebutan ‘Professor’.

“Menjadi professor itu memang butuh perjuangan karena menjadi sebuah proses atau dinamika bagi setiap tenaga pendidik yang ingin mencapai pangkat guru besar” ujar Prof. Saiful. Lebih lanjut, Prof. Saiful Anwar Matondang menyampaikan bahwa menjadi seorang guru besar harus memiliki jurnal-jurnal ilmiah yang bereputasi internasional. Semakin banyak jurnal yang dibuat, maka semakin banyak pula kesempatan yang didapatkan.

“Selain itu, syarat lainnya adalah memiliki kinerja yang baik seperti giat melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian pada tridarma perguruan tinggi,” tambahnya.

Dekan Fakultas Sastra UISU, Dr. H. Purwanto Siwi, S.S., M.A. menyampaikan ucapan selamat kepada Profesor Saiful Anwar Matondang “Kami berharap capaian ini dapat memotivasi dosen yang lain untuk terus menghasilkan karya- karya akademik agar segera beralih status juga menjadi guru besar,” harapnya.